Kamis, 17 Juni 2010

Bagaimana Harus Menjadi Pemimpin Yang Baik?

Pemimpin merupakan ujung tombak suatu organisasi. Apapun keputusan dari seorang pemimpin akan menentukan langkah selanjutnya dari organisasi tersebut. Maka dari itu, seorang pemimpin harus bisa memiliki keunggulan dari orang lain dan juga beberapa hal yang harus dimiliki. Menurut kalian apa aja hal-hal itu? Mulai dari gue yahhhh (Jadi ngikutan ide si sgd nih, buat topik kayak gini, di mana masing-masing user ngasih pendapat masing-masing). Asiiikk juga sih...)

1. Harus bisa membedakan antara Cinta dan Tugas

Seorang pemimpin boleh aja jatuh cinta (itu sih wajar-wajar aja). Jatuh cinta dengan siapa aja itu juga hak dia, bahkan dengan sesama pengurus. Lain kalo di kantor misalnya yang punya larangan nggak bole pacaran dengan karyawan satu kantor.

Tapi yang menjadi masalah di sini, biarpun pemimpin itu jatuh cinta, dia harus bisa memilah antara kewajiban dia sebagai pacar dan kewajiban dia sebagai pemimpin sebuah organisasi. Misalnya aja seorang pemimpin A yaitu cewe, jatuh cinta kepada wakilnya si B (cowo). Bukannya mentang-mentang si A itu sayang ama si B dan nunjukkin kalo dia bisa nurut ama si B seabis merit nanti, malah semuanya dengerin kata-kata si B.

Diminta ambil keputusan malah nggak bisa, musti nunggu si B. Si B ngomong apa, yah si A tinggal ngikutin. Walaahhhhh.... ini mah udah nggak bener jadinya.... Malah menjadikan organisasi jadi bahan percobaan sebelon merit jadinya.

Memang ada benernya juga kalo suatu perusahaan itu menetapkan aturan nggak bole pacaran ama karyawan satu kantor dan salah satunya musti keluar. Sepertinya dalam orgaanisasi hal ini juga musti diterapkan. Kalo mo pacaran, yah salah satu musti meletakkan jabatannya, agar dalam pengambilan keputusan bisa tetap obyektif dan bukan subyektif. Apalagi kalau tidak, malah keduanya asik berpacaran, sehingga kalau ada meeting apa-apa, ketua dan wakil ketua yang penting malah nggak dateng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar